Membuat Boneka Anak Ayam dari Kardus Bekas Materi Siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas 3 Mata Pelajaran SBD

Membuat Boneka Anak Ayam dari Kardus Bekas Materi Siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas 3 Mata Pelajaran SBDP

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam jumpa kembali bunda – bunda, semoga senantiasa diberikan kesehatan jasmani dan rohani sehingga bisa mendapingi  ananda dalam proses belajar di rumah. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang bagaimana cara membuat Boneka Anak Ayam dari Kardus Bekas Materi Siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas 3 Mata Pelajaran SBDP dengan teknik dasar potong (merobek / mengunting), lipat dan sambung. Dengan berbekal barang – barang bekas di sekitar kita tentunya, berikut penjelasannya.

Alat dan Bahan 

Seperti biasa ya Bunda, siapkan alat dan bahan – bahan sebagai berikut :

  1. Kardus bekas (disini saya menggunakan kardus bekas tempat mie instan digunting dua sisi)
  2. Kapas warna putih atau bulu ayam dari kemoceng (jika ada gunakan kapas yang berwarna, tapi jika tidak ada bisa gunakan spidol untuk memberikan warna)
  3. Lem lilin / lem tembak
  4. Gunting
  5. Pensil / Bolpoin / Spidol kecil
  6. Kertas Karton
  7. Bunga, daun atau rerumputan sebagai hiasan tambahan
Untuk bahan utamakan terlebih dahulu barang-barang bekas yang ada di sekitar kita, selain hemat tentu akan menjadikan bahan tersebut menjadi berguna kembali (reuse).

Membuat Boneka Anak Ayam dari Kardus Bekas Materi Siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas 3 Mata Pelajaran SBD
Contoh karya yang sudah jadi


Cara Membuatnya

Cara membuatnya sangatlah mudah, ikuti langkah-langkahnya jangan ada yang terlewatkan ya...

  1. Siapkan kertas karton untuk menggambar pola bagian tubuh anak ayam diantaranya bagian tubuh, kepala, kaki, ekor, sayap dan paruh dengan menggunakan Pensil / Bolpoin / Spidol kecil.
  2. Setelah selesai, guntinglah pola – pola tersebut kemudian susun dan tempelkanlah  dipermukaan kardus bekas tempat mie instan dengan menggunakan lem tembak.
  3. Jiplaklah kembali pola tersebut diatas di permukaan kardus dan guntinglah kardus sesuai dengan pola yang telah ditempel tadi.
  4. Gambarkan mata dan mulut anak ayam
  5. Tempelkan bulu ayam dari kemoceng atau kapas putih maupun kapas berwarna  (sesuaikan kreatifitas masing – masing) pada gambar sebagai ilustrasi bulu – bulu anak ayam tersebut.
  6. Gunting karton yang satunya berbentuk persegi panjang sebagai papan ilustrasi kebun tempat anak ayam bermain - main.
  7. Tambahkan hiasan bunga, daun atau rerumputan sebagai pemanis tampilan.
  8. Boneka Anak Ayam dari Kardus Bekas selesai sebagai tugas anak Mata Pelajaran SBDP siswa kelas 3 (tiga) Sekolah Dasar.

Selain sebagai memenuhi tugas anak dari sekolah, bunda bisa memanfaatkan membuat  Boneka Anak Ayam dari Kardus Bekas ini sebagai ajang untuk melatih kreatifitas putra – putri bunda di rumah. Bagaimana mudah, murah dan menarik bukan, Selamat Mencoba.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


1 komentar untuk "Membuat Boneka Anak Ayam dari Kardus Bekas Materi Siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas 3 Mata Pelajaran SBD"